Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Isi Artikel

Perumahan Sidoarjo | Strategi Promosi Developer Properti Perumahan Sidoarjo Saat ini dunia dalam ketakutan dengan adanya wabah pandemi COVID-19 yang sudah melanda di 195 negara dengan korban meninggal puluhan ribu orang.

Alih – alih developer memikirkan revenue untuk bisa survive saja merupakan hal yang tidak mudah dicapai.China bisa keluar dari serangan virus mematikan ini butuh waktu empat – lima bulan, didukung dengan dana, tenaga medis, sarana dan prasarana yang memadai dan disiplin yang tinggi masyarakat China.

Strategi Promosi Developer Properti Perumahan Sidoarjo

Bagaimana dengan Indonesia dengan dukungan yang terbatas bisa jadi dibutuhkan lebih dari lima bulan dapat keluar dari cengkeraman COVID-19. Pemerintah pusat memberikan wewenang kepada para kepala daerah untuk mengambil policy yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi daerah tersebut.

Kegiatan dan Penjualan
Strategi Promosi Developer Properti Selama COVID-19

Secara umum pemerintah memberlakukan social distancing dan diserukan perusahaan memberlakukan work from home (WFH), praktis banyak executive yang stay at home.

Lalu kira-kira strategi promosi apa yang harus diterapkan developer dalam menjaring customer di tengah kondisi darurat seperti ini, sedangkan idealnya promosi yang efektif untuk penjualan properti adalah mix antara online dan offline, baik itu Above The Line ( ATL ) maupun Below The Line ( BTL ).

Meningkatnya Jumlah Pengguna Internet

Dengan adanya kebijakan WFH tersebut terjadi peningkatan traffic internet 20%, aplikasi yang berkontribusi dalam peningkatan data traffic ini adalah WhatsApp (conference call dan video call), YouTube, Facebook, dan Mobile Legend. (Tempo, 18 maret 2020).

Ketika banyak executive kantoran stay at home maka terjadilah perubahan perilaku, penggunaan internet lebih lama dari pada bekerja secara normal di kantor. Begitu pula akan terjadi perubahan perilaku konsumen ( behavior changes of the consumer )

Pengertian Perilaku Konsumen

Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2008:214), perilaku konsumen adalah studi bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, menggunakan dan menempatkan barang, jasa, ide atau pengalaman untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka.

Dalam menentukan pembelian properti, customer akan berubah perilakunya, bisa saja waktu keadaan normal dia melakukan pencarian dan pembelian secara offline, tetapi dalam keadaan darurat seperti sekarang ini kemungkinan besar ( walaupun tidak mutlak ) customer akan melakukan searching di internet, menghubungi via telepon atau WhatsApp, baru membuat appointment dengan orang sales untuk site visit.

Perilaku Konsumen dalam Membeli Properti

Dalam hal pembelian properti perilaku customer akan melalui beberapa tahapan yaitu :

  1. Di dalam benak customer akan berpikir bahwa membeli properti dalam hal ini apakah untuk ditempati ( end usser ) atau investasi, lokasinya dimana, fasilitas apa saja, akses dari mana saja, harga berapa, cara bayar seperti apa disesuaikan dengan kondisi keuangannya.
  2. Tahap ini customer mulai searching properti di daerah tertentu, dengan harga tertentu dan informasi lainnya secara lengkap, bisa jadi customer akan bertanya kepada teman atau saudara ( opinion leader ) tentang properti dimaksud.
  3. Customer akan mempertimbangan pilihannya dengan menelepon atau WhatsApp yang ada dalam iklan dan membandingkan pilihan yang lain
  4. Tahap ini akan membuat appointment dengan orang sales properti untuk site visit.

Faktor – faktor dalam Membeli Properti

Sesuai dengan hasil Survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018, Sebanyak 92 persen responden mencantumkan ‘lokasi’ sebagai salah satu faktornya, sementara ada 75 persen mencantumkan faktor ‘keamanan’ dan 72 persen mencantumkan ‘mudah dijangkau transportasi umum’.

Sedangkan ‘harga properti’ berada di urutan kelima yaitu sebanyak 60 persen responden mencantumkannya, bahkan masih berada di bawah ‘infrastruktur dan fasilitas umum’ yang berada di urutan keempat dengan 65 persen responden. Dari hasil survei tersebut dapat diurutkan yang menjadi bahan pertimbangan dalam membeli properti adalah :

  • Lokasi
  • Faktor Keamanan
  • Ketersediaan Transportasi Umum
  • Infrastruktur & Fasilitas Umum
  • Harga

Strategi Promosi

Dengan memperhatikan perubahan perilaku customer dan hasil survei tersebut maka developer dapat menerapkan strategi promosi sebagai berikut :

1. Melakukan campaign secara masif di media online :

  • ATL ( Above The Line ) non personal, tidak langsung ke customer : melalui web banner, e-news letter, Google Ads, Blogs dsb.
  • BTL ( Below The Line ) touch & feel product, langsung ke customer : melalui Sosmed, on line community, video testimoni, chating, personal email, SMS, dsb.

2. Konten harus menarik baik taqline, gimmick, promosi & image, dengan menjelaskan advantages perumahan dalam hal lokasi, sistem keamanan, public transportation, infrastruktur & fasilitas umum dan kemudahan pembayaran. Supaya tujuan marketing komunikasi tercapai yaitu :

  • Brand Building – meningkatkan brand perusahaan
  • Interest Arousing – membangkitkan minat customer kepada product
  • Motivating Action – mendorong customer melakukan tindakan baik menghubungi orang sales, kunjungan ke
  • lokasi maupun pembelian unit.( source : Philip Kotler & Keller, 2013 )

3. Buat aplikasi yang mudah diakses oleh customer, dengan memperhatikan AIDA Process yaitu : Attention ( perhatian ), Interest ( tertarik ), Desire ( menginginkan ) dan Action ( deal ).

4. Orang Sales harus responsif pada customer, karena tipikal customer via online harus cepat memberikan jawaban, kalau terlalu lama customer akan berubah pikiran.

5. Yang tidak kalah penting adalah seorang sales harus dapat memberikan alasan kuat kenapa customer harus melakukan pembelian properti sekarang, lakukan psychology of selling dengan memainkan emosional, gengsi dan pride customer.

Perumahan Sidoarjo
Perumahan Sidoarjo

Perumahan Sidoarjo

Kreditrumah.id | Perumahan di Sidoarjo Bersubsidi DP dan Cicilan Murah, Proses KPR Cepat Serta Beragam Diskon dan Promo, juga Melayani Inhouse